Kebiasan Buruk yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat

Kebiasan Buruk yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat
Asam urat adalah senyawa yang biasanya terbentuk dari pemecahan zat purin dalam tubuh. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan kondisi seperti penyakit asam urat yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada sendi dan berbagai komplikasi lainnya.

Beberapa kebiasaan buruk dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya. Mari simak ulasannya sampai selesai! 

Konsumsi Makanan Tinggi Purin 

Makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut (sarden, tuna), dan daging organ (hati, ginjal) dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Konsumsi berlebihan makanan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penumpukan asam urat yang dapat merangsang serangan asam urat. 

Minuman Beralkohol 

Minuman beralkohol, terutama bir dan minuman berbasis spiritus, dapat mengganggu pengeluaran asam urat oleh ginjal. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, alkohol juga dapat merangsang produksi asam urat dalam tubuh. 

Kurangnya Konsumsi Air Putih 

Kurangnya asupan air putih dapat mengurangi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh. Akibatnya, asam urat dapat terakumulasi dan menyebabkan peningkatan kadar dalam darah. Mengonsumsi cukup air putih penting untuk menjaga ginjal berfungsi optimal dalam mengatur kadar asam urat. 

Kegemukan atau Obesitas 

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya kadar asam urat tinggi. Ini dikarenakan jaringan lemak dapat meningkatkan produksi zat purin dalam tubuh yang kemudian dapat diubah menjadi asam urat. Selain itu, obesitas juga dapat mengganggu metabolisme normal asam urat dalam tubuh. 

Kurangnya Aktivitas Fisik 

Kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup yang kurang bergerak dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu ginjal untuk lebih efisien dalam mengatur kadar asam urat. 

Konsumsi Gula Berlebihan 

Konsumsi gula berlebihan, terutama dari makanan dan minuman yang tinggi fruktosa seperti minuman bersoda dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
Fruktosa dapat merangsang produksi asam urat dalam tubuh yang kemudian dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penumpukan asam urat. 

Stres yang Berlebihan 

Stres kronis dapat menyebabkan perubahan dalam metabolisme tubuh, termasuk dalam produksi asam urat. Tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk cara tubuh memproses purin menjadi asam urat. 

Menghindari kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan kadar asam urat sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul akibat kadar asam urat tinggi. 

Memiliki pola makan seimbang, hidrasi yang cukup, aktif secara fisik, dan mengelola stres dengan baik dapat membantu mengurangi risiko peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kadar asam urat, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Yuk dapatkan informasi selengkapnya terkait penyakit, obat, suplemen, vaksin, vitamin, artikel kesehatan, dan seputar kefarmasian dengan mengakses laman pafikotarantauprapat.org sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

0 Response to "Kebiasan Buruk yang Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel